Sabtu, 25 April 2020

Terjemahan Kitab Khulashoh Nurul Yaqin Jilid 1 - Makna Dayah Lengkap | Pelajaran ke 22 - 31 [Kangsantri27]

Terjemahan Kitab | Khulashoh Nurul Yaqin Jilid 1 | Makna Dayah Lengkap
Terjemahan Khulasah Nurul Yaqin
Terjemahan Kitab Khulashoh Nurul Yaqin Jilid 1 - Makna Dayah Lengkap | Pelajaran ke 22 - 31 [Kangsantri27]

Bermula pelajaran yang ke 22 itu gangguan kaum quraisy bagi sahabat

1. Manakala melihat oleh Quraisy akan bahwa sungguh Rasul SAW itu jadi (ianya Rasul) itu yang mulia (ianya Rasul) lagi yang di hormatkan (akannya Rasul), niscaya berhenti (oleh mereka itu Quraisy) dari menggangunya (Rasulullah).

2. Dan berpindah (oleh mereka itu Quraisy) diatas sahabat-sahabat nya (Nabi) dengan menggangu, dan lebih lebih lagi orang orang yang di tuntut lemahkan allazina yang tiada penolong bagi mereka itu (orang yang lemah).

3. Maka jadilah tiap-tiap kabilah itu mengganggu (ianya kafilah) akan si Man yang masuk islam (ianya man) daripadanya sahabat (mengganggu) dengan memenjarakan dan memukul dan memboikot makanan dan minuman sehingga Jadilah yang satu daripada mereka itu (sahabat) itu tidak sanggup (ianya yang satu) akan lapar dan tidak mengetahui (ianya yang satu) akan barang yang berkata (ianya yang satu) karna bersangatan siksaan.

4. Dan sabit sebahagian daripada si Man yang di siksakan (akan mereka itu man) itu Bilal, dan itu Ammar (yaitu) putra Yasir dan itu saudaranya Ammar dan itu ayahnya Ammar dan itu ibunya Ammar dan itu Khabbab (yaitu) putra Arat.

Bermula pelajaran yang ke 23 itu tuntutan tuntutan kaum quraisy dari pada Nabi SAW

1. Manakala melihat oleh Quraisy akan bahwa sungguh mengganggu itu tidak mendapati (ianya mengganggu) akan manfaat bahkan menambah (ianya mengganggu) akan orang-orang Islam akan iman dan akan keyakinan niscaya pergi (oleh mereka itu Quraisy) kepada Rasulullah SAW.

2. Dan meminta (oleh mereka itu Quraisy) daripadanya Nabi akan bahwa menyembah (iyanya Nabi) akan berhala-berhala mereka itu (Quraisy) dan menyembah (oleh mereka itu Quraisy) akan Tuhannya Nabi maka menurunkan oleh Allah di atasnya Nabi akan surat Al Kafirun.

3. Maka manakala putus asa (oleh mereka itu Quraisy) niscaya meminta (oleh mereka itu Quraisy) daripadanya (nabi) akan bahwa menghapus (ianya nabi) daripada Alquran akan barang yang membuat marah (iyanya barang) akan mereka itu (Quraisy) yaitu daripada mencela berhala-berhala mereka itu (Quraisy) dan ibadah mereka itu (Quraisy) atau mengganti (iaya Nabi) akannya (barang) dengan quran yang lain.

4. Maka menurunkan oleh Allah akan sebagai jawaban bagi mereka itu (Quraisy): (katakan oleh mu (Muhammad) tidak ada bagiku itu bahwa aku ganti akannya Quran daripada menjumpai diriku jika aku ikuti kecuali akan barang yang diwahyukan (akannya barang) kepadaku).

Bermula pelajaran yang ke 24 itu hijrah Habsyah yang pertama

1. Manakala melihat oleh nabi akan barang yang menghubung (ianya barang) dengan sahabat sahabatnya (nabi) akan gangguan dan akan bermacam macam siksaan niscaya memerintah (ianya nabi) akan mereka itu (sahabat) dengan hijrah ke Habasyah.

2. Maka berhijrahlah 10 orang dari sahabat sahabatnya (nabi) dan 5 orang segala perempuan. Sabit sebahagian daripada mereka itu (tiap tiap) itu Utsman (yaitu) putra Affan dan istrinya Utsman (siapa dia?) Ruqayyah (yaitu) putri Rasulullah SAW.

3. Dan sungguh kembali (oleh mereka itu tiap tiap) sesudah 3 segala bulan dengan sebab penderitaan pengasihan dan sedikit bilangan mereka itu (tiap tiap).

4. Dan adalah demikian kejadian itu sabit pada tahun yang ke 5 daripada hijrah, dan bermula dianya (tahun ke 5 hijrah) itu seawal awal hijrah pada islam.

Bermula pelajaran yang ke 25 itu islam Hamzah dan Umar

1. pada tahun yang ke 5 islamlah 2 orang laki laki dari pemuka Quraisy yang masyhur keduanya (dua orang laki laki) dengan kekuatan dan keberanian.

2. Dan bermula keduanya (dua orang laki laki) itu Hamzah (siapa dia?) yaitu paman nabi SAW dan Umar (yaitu) putra Khattab (siapa dia?) yaitu yang kedua dari Khulafaurrasyidin.

3. Dan adalah Umar sebelum islamnya Umar itu sabit daripada pembesar orang orang yang memusuhi bagi islam dan pembesar orang orang yang mencegah daripada si-man yang masuk islam (ianya man), maka memuliakan oleh Allah akan islam dengan sebab islam keduanya (Hamzah dan Umar).

4. Dan adalah orang orang muslim pada demikian waktu itu 40 (siapa itu?) Yaitu laki laki dan itu 11 (siapa itu?) Yaitu perempuan.

Bermula pelajaran yang ke 26 itu pengepungan nabi SAW dan ahli rumahnya nabi

1. Manakala melihat oleh Quraisy akan tersiar islam pada kabilah kabilah, niscaya bersepakat (oleh mereka Quraisy) diatas membunuh nabi SAW.

2.  Maka mengepung (ianya Quraisy) akannya (nabi) dan akan ahli rumahnya (nabi) di Syi'ib, dan menahan (oleh mereka itu Quraisy) daripada mereka itu (tiap tiap nabi dan ahli rumahnya nabi) akan rezeki/makanan makanan, dan sepakat (oleh mereka itu Quraisy) diatas bahwa tidak menerima (oleh mereka itu Quraisy) bagi mereka itu (tiap tiap) akan perdamaian (hal keadaan) selama lama, kecuali apabila menyerahkan oleh mereka itu (tiap tiap) akan nabi untuk dibunuh.

3. Dan menulis (oleh mereka itu Quraisy) akan barang yang sepakat (oleh mereka itu Quraisy) diatasnya barang (menulis) dalam lembaran, yang disangkut (oleh mereka itu Quraisy) akannya (lembaran) di Ka'bah.

4. Dan adalah demikian kejadian itu tahun yang ke 7 daripada kenabian.

Bermula pelajaran yang ke 27 itu hijrah Habsyah yang kedua

1. Sesudah masuk nabi SAW dan kaumnya (nabi) akan negeri Syi'ib, memerintah (ianya nabi) akan sekalian orang orang muslim dengan hijrah ke Habasyah.

2. Maka berhijrahlah 73 (siapa itu?) Yaitu laki laki dan berhijrahlah 11 (siapa itu?) Yaitu perempuan. Sabit sebahagian daripada mereka itu (tiap tiap) itu Ja'far (yaitu) putra Abi Thalib.

3. Dan menyusul dengan mereka itu (tiap tiap) oleh orang orang muslim negeri Yaman, dan bermula mereka itu (orang orang muslim Yaman) itu Abu Musa Al Asy'ari dan itu anak anak pamannya Abu Musa Al Asy'ari.

4. Dan adalah ini hijrah itu sabit pada tahun yang ke 7 daripada kenabian.

Bermula pelajaran yang ke 28 itu Islam raja habsyah

1. Manakala mengetahui oleh Quraisy dengan hijrah orang-orang muslim ke habasyah niscaya mengutus (oleh mereka itu Quraisy) akan dua orang laki laki dengan hadiah hadiah karna menuntut daripadanya (raja habsyah) akan bahwa mengembalikan (ianya raja habsyah) akan si-man yang hijrah (ianya man) yaitu daripada orang orang islam.

2.  Maka enggan oleh raja najasyi akan menyerahkan mereka itu (orang-orang Islam yang hijrah) sesudah bahwa memberi khabar akan nya (Raja najasyi) oleh Ja'far (yaitu) Putra Abi Thalib dengan kebenaran agama Islam dan membaca (ianya Ja'far) di atasnya (Raja najasyi) akan permulaan Surat Maryam.

3. Maka kembali keduanya (2 orang laki-laki) dan masuk Islam lah raja najasyi dan masuk Islam lah si Man yang ada (ianya man) itu Sabit besertanya (raja najasyi) yaitu daripada para pendeta-pendeta rahib pada demikian waktu (yaitu) tahun yang ke-7 dari pada kenabian.

4. Maka menurunkan oleh Allah pada hak mereka itu (tiap tiap): (dan sungguh kamu dapati akan orang yang paling dekat dengan mereka itu (nisbah) persahabatan bagi allazina yang beriman (oleh mereka itu allazina) yaitu allazina yang berkata (oleh mereka itu allazina) bahwa sungguh kami itu kaum Nasrani, bermula demikian itu karna bahwa sungguh sebahagian daripada mereka itu (itu) para pendeta dan para rahib, dan bahwa sungguh mereka itu (itu) tidak menyombongkan diri (oleh mereka itu).

5. Kemudian meninggal dunialah raja Najasyi maka menyolati diatasnya (raja Najasyi) oleh Rasul, manakala memberitahu akannya (Rasul) oleh Jibril dengan wafatnya (raja Najasyi), dan bermula ini (kejadian) itu awal mula shalat jenazah diatas yang ghaib.

Bermula pelajaran yang ke 29 itu keluar nabi SAW dari kepungan

1. Pada tahun kesepuluh dari pada kenabian bersepakat lah 5 orang daripada Pemimpin Quraisy maka membuat perjanjian (oleh mereka itu 5 orang pembesar Quraisy) akan lembaran surat.

2. Maka keluarlah nabi SAW dan keluarlah si Man yang ada (ianya man) itu sabit besertanya nabi (keluar) dari kepungan sesudah bahwa menetap (oleh mereka itu tiap tiap) di Syi'ib (hal keadaan) hampir dari 3 segala tahun.

3. Tidak sampai kepada mereka itu(tiap tiap) oleh sesuatu daripada makanan kecuali akan sedikit, sehingga memakan (oleh mereka itu tiap tiap) akan dedaunan dari pohon.

4. Dan adalah Rasul itu sungguh memberi khabar (ianya Rasul) akan bahwa sungguh anai anai itu sungguh telah memakan (ianya anai anai) akan surat perjanjian, maka manakala menurunkan (akan nya surat perjanjian) oleh Quraisy supaya menyobek (ianya Quraisy) akannya (surat perjanjian) niscaya mendapati (oleh mereka itu Quraisny) akannya (surat perjanjian) sebagaimana barang yang memberi khabar(ianya nabi).

Bermula pelajaran yang ke 30 itu utusan Najran

1. Pada tahun yang ke 10 telah datang diatasnya(nabi) oleh utusan dari kaum Nasrani dari Najran.

2. Telah sampai akan mereka itu(utusan Nasrani Najran) oleh beritanya(nabi) dari orang orang yang berhijrah ke habasyah, dan adalah mereka itu(utusan Nasrani Najran) itu 20 (siapa itu?) Yaitu laki laki.

3. Maka membaca diatas mereka itu(utusan Nasrani Najran) oleh Rasul SAW akan Al Quran, maka beriman(oleh mereka itu utusan Nasrani Najran) tiap tiap (mereka itu utusan Nasrani Najran).

4. Maka mengancam akan mereka itu(utusan Nasrani Najran) oleh Abu Jahal diatas islam mereka itu(utusan Nasrani Najran), maka berkata oleh mereka itu(utusan Nasrani Najran) baginya(Abu Jahal): (sabit bagi kalian itu barang yang bermula kalian itu sabit diatas nya(barang), sabit bagi kami itu barang yang kami pilih akannya(barang)).

Bermula pelajaran yang ke 31 itu wafat Khadijah (dan itu)pernikahan dengan Saudah, dan (itu pernikahan dengan) Aisyah Semoga meridhai oleh Allah daripada sekalian mereka itu(tiap tiap)

1. Pada tahun yang ke 10 daripada kenabian diwafatkan akan sayyidah (siapa itu?) Khadijah, maka berduka diatasnya Khadijah oleh Rasul SAW (akan sebagai) duka yang bersangatan, karna bahwa sungguhnya(Khadijah) itu ada ianya(Khadijah) itu yang mencintai ianya(Khadijah) akannya(Nabi), dan menegah ianya(Khadijah) daripadanya(nabi) akan gangguan Quraisy.

2. Maka menikah ianya(Nabi) sesudah wafatnya(Khadijah) dengan Saudah setelah bahwa diwafatkan daripadanya(Saudah) akan suaminya(Saudah), dan ada ianya(Saudah) itu sungguh beriman ianya(Saudah) dengan Allah dan Rasulnya(Allah), dan menyalahi ianya(Saudah) akan kerabat kerabatnya(Saudah).

3. Dan sesudah satu bulan melakukan akad ianya(Nabi) diatas Aisyah (yaitu) putri Abu Bakar Asshiddiq, dan bermula dianya(Aisyah) itu sabit pada yang ke 7 daripada umurnya(Aisyah).

4. Dan tidak menikah ianya(nabi) akan yang bikir selainnya(Aisyah), dan bercampur ianya(nabi) dengannya(Aisyah) di Madinah.
Selanjutnya>>>

Kritik dan sarannya kami tunggu... Salam santri...😆

4 komentar: